PonselPay Personal adalah jenis layanan PonselPay dengan menggunakan SMS dari telepon genggam pengguna. Ada dua jenis layanan, yaitu PonselPay Reguler dan PonselPay Plus. Layanan PonselPay Reguler bisa diakses hanya dengan mendaftarkan diri melalui SMS. Layanan PonselPay Plus yang jauh lebih lengkap bisa diakses dengan mudah setelah pengguna mendaftarkan dirinya ke Agen PonselPay.

FITUR & LAYANAN PonselPay Reguler:
1.   Saldo Rekening PonselPay maksimal: Rp1.000.000
2.   Limit transaksi Bulanan: Rp20.000.000
3.   Cek saldo rekening PonselPay
4.   Cek mutasi 4 transaksi PonselPay terakhir
5.   Cek nomor referensi transaksi
6.   Menerima transfer rekening PonselPay dari pengguna Ponselpay Plus
7.   Menerima transfer rekening PonselPay dari rekening bank lain
8.   Isi pulsa semua operator HP
     
FITUR & LAYANAN PonselPay Plus:
1.   Saldo Rekening PonselPay maksimal: Rp10 juta
2.   Limit transaksi Bulanan: Rp20 juta
3.   Cek saldo rekening PonselPay
4.   Cek mutasi 4 transaksi PonselPay terakhir
5.   Cek nomor referensi transaksi
6.   Menerima transfer rekening PonselPay dari pengguna Ponselpay Plus
7.   Menerima transfer rekening PonselPay dari rekening bank lain
8.   Isi pulsa semua operator HP
9.   Transfer dana ke rekening PonselPay PersonalUser
10.   Transfer dana ke rekening PonselPay Partner
11.   Transfer dana ke rekening bank lain
12.   Melakukan upgrade status pengguna lain dari Ponselpay Reguler menjadi PonselPay Plus (khusus Agen PonselPay)
     

1.   Apa itu PonselPay?
    PonselPay adalah Layanan uang elektronik (e-money) yang memudahkan Pengguna dalam menerima bank transfer seperti pembelian, jasa, pinjaman, dll. tanpa harus membuka rekening di bank.
2.   Apakah bertransaksi dengan PonselPay, aman?
    Transaksi dengan PonselPay dijamin aman karena menggunakan PIN yang Anda pilih sendiri dan setiap transaksi yang Anda lakukan akan di-encrypt (diacak). Selain aman, PonselPay sudah memperoleh ijin dari BI dengan Nomor izin 16/151/DKSP/57.
3.   Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari PonselPay?
    - Dapat digunakan di semua jenis ponsel yang memiliki fitur SMS;
    - Kemudahan transfer ke nomor rekening PonselPay dengan operator yang sama dengan nomor ponsel Pengguna;
    - Kemudahan pendaftaran tanpa harus datang ke kantor PonselPay.
4.   Saya sudah daftar PonselPay, tapi bagaimana cara menggunakan PonselPay?
    Anda bisa mengetik BANTU dan kirimkan SMS tersebut ke 5757. Anda akan mendapat balasan daftar perintah yang bisa Anda lakukan dengan PonselPay.
5.   Saya sudah registrasi, tapi mengapa belum mendapat sms konfirmasi?
    Apabila saldo PonselPay Anda masih nol (0), Anda bisa melakukan registrasi ulang. Jika masih gagal, Anda bisa hubungi call centre PonselPay di 02186615757.
6.   Bagaimana jika Nomor Registrasi saya hilang atau lupa?
    Apabila saldo PonselPay Anda masih nol (0), Anda bisa mengirimkan SMS BERHENTI ke 5757. Apabila Anda sudah memiliki sejumlah saldo PonselPay, maka Anda bisa memasukkan perintah berhenti dan sekaligus mengirimkan sisa saldo PonselPay Anda ke rekening bank lain. Setelah itu, Anda bisa melakukan registrasi ulang.
7.   Bagaimana jika saya lupa PIN?
    Anda bisa mengirimkan SMS NEW PIN spasi NOMOR REGISTRASI spasi Pin baru yang dikehendaki ke 5757.
8.   Bagaimana jika ketika saya melakukan transaksi, saya salah PIN 3 (tiga) kali?
    Layanan PonselPay Anda akan terblokir selama 24 jam. Setelah masa blokir 24 jam tersebut selesai, Anda bisa menggunakan kembali layanan PonselPay.
9.   Bagaimana jika saya mengganti nomor ponsel saya?
    Pertama Anda bisa melakukan registrasi baru untuk nomor ponsel Anda yang baru. Kemudian, Anda menghentikan layanan PonselPay Anda di nomor lama dan mentransfer sisa saldo (bila ada) ke nomor PonselPay Anda yang baru.
10.   Bagaimana jika SIM CARD dan/atau Ponsel saya hilang atau dicuri?
    Dana yang ada di PonselPay tidak akan hilang. Anda dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke operator seluler Anda serta call center PonselPay. Apabila Anda sudah mengaktifkan kembali nomor Anda yang hilang, Anda bisa mengajukan permintaan pembukaan blokir dengan kembali menghubungi call center PonselPay. Anda akan diminta untuk menunjukkan kartu identitas Anda yang dipakai ketika registrasi awal.
11.   Bagaimana jika saya ingin menerima transfer?
    - Anda dapat menginformasikan kepada pengirim untuk memasukkan tujuan transfer ke Bank BTN (kode bank 200). Nomor rekening tujuan adalah nomor PonselPay Anda (dengan format 62xx), didahului dengan angka 95757. Misalnya nomor PonselPay Anda adalah 081932454455. Berarti Nomor rekening tujuan yang harus dimasukkan oleh pengirim adalah 957576281932454455.
    - Apabila transfer dilakukan dengan menggunakan ATM BTN, pengirim bisa memilih menu TRANSFER, kemudian menu PONSELPAY, dan kemudian langsung memasukkan nomor PonselPay Anda. Misalnya nomor PonselPay Anda adalah 081932454455. Berarti Nomor rekening tujuan yang harus dimasukkan oleh pengirim di ATM BTN adalah 081932454455.
12.   Apa yang terjadi jika saya salah memasukkan nomor rekening sewaktu saya melakukan transfer ke bank dari nomor PonselPay saya?
    a. Sebelum transaksi transfer dilaksanakan, Anda akan mendapat SMS konfirmasi soal nomor rekening dan nama pemilik rekening. Anda harus melihat apakah nama pemilik rekening dalam SMS konfirmasi tersebut sesuai dengan tujuan transfer Anda atau tidak. Bila Anda mengabaikan SMS konfirmasi tersebut, dan ternyata penerima transfer Anda bukan seperti yang Anda maksud, Anda harus menghubungi pihak bank untuk melakukan pembatalan transfer.
13.   Saya sudah kirim SMS untuk melakukan transfer ke bank tetapi saya tidak menerima SMS konfirmasi, apakah itu artinya transaksi saya berhasil?
    a. Pertama Anda bisa memeriksa status SMS Anda yang berisi kombinasi PIN yang Anda kirimkan. Apakah SMS berisi PIN tersebut terkirim atau tidak? Apabila tidak terkirim, Anda bisa mengulang transaksi dari awal.
    b. Apabila SMS tersebut terkirim, Anda bisa memeriksa saldo PonselPay Anda atau memeriksa mutasi transaksi Anda. Apakah sudah terpotong dengan dana yang ingin Anda transfer? Apabila saldo belum terpotong, Anda bisa mengulang langkah transaksi dari awal.
    c. Apabila saldo sudah terpotong, Anda bisa meminta pihak penerima untuk memeriksa saldo, apakah transfer dana dari Anda sudah masuk ke pihak penerima atau belum. Bila sudah, berarti transaksi Anda berhasil.
    d. Apabila saldo Anda sudah terpotong namun saldo penerima belum bertambah, Anda bisa menghubungi pihak bank yang terkait.
14.   Pada saat transaksi tiba-tiba Ponsel saya tidak aktif (tidak ada sinyal, baterai habis, dll), apakah transaksi saya berhasil atau tidak?
    a. Untuk mengetahui apakah transaksi Anda berhasil atau tidak, Anda bisa memeriksa mutasi rekening PonselPay Anda dengan mengetikkan INFO TRX dan kirimkan ke 5757.
15.   Berapa biaya SMS yang dikenakan oleh PonselPay?
    a. Biaya SMS dari perintah yang Anda kirimkan ke 5757 = Rp350.
    b. Biaya respon SMS ketika perintah yang Anda kirimkan salah atau error = Gratis.
    c. Biaya respon SMS dari 5757 ketika perintah yang Anda kirimkan berhasil = Rp550.
16.   Apa yang terjadi bila PonselPay saya tidak aktif selama 3 bulan berturut-turut?
    a. Rekening PonselPay Anda akan menjadi tidak aktif atau dianggap dormant. Rekening yang tidak aktif ini akan dikenakan biaya Rp20,000 per bulannya.
17.   Jika rekening PonselPay saya tidak aktif, bagaimana jika saya ingin mengambil uang saya di PonselPay?
    a. Anda dapat menghubungi Call Center PonselPay untuk mendapat instruksi dan kode laporan dengan menyerahkan Surat Permohonan lengkap beserta KTP sesuai nama terdaftar (dan surat rumah sakit dan lurah jika pemilik lama sakit parah/meninggal), nama Bank, nomor rekening untuk menerima dana (harus sama dgn nama terdaftar kecuali kasus sakit parah/meningggal.), nomor telp/email/alamat yg bisa dihubungi dan biaya administrasi Rp.20.,000. Kemudian Staff PonselPay akan melakukan validasi data yang dikirimkan. Jika benar, dana akan dipindahkan secara manual oleh Pihak Accounting ke rekening bank Anda. Dalam 14 hari kerja setelah menerima Surat Permohonan Anda, PonselPay akan mengirim balasan (termasuk bukti transfer jika telah disetujui).
     

1.   Biaya pendaftaran adalah tergantung provinsi asal Pengguna
2.   Biaya pengelolaan rekening (cek saldo, mutasi, transaksi) = Rp2.000 per bulan (Untuk Ponselpay plus). Ponselpay Reguler tidak dikenakan biaya.
3.   Biaya menerima transfer rekening PonselPay dari pengguna PonselPay+ (P+) atau dari rekening bank lain = Gratis
4.   Biaya isi pulsa := tambah Rp2.000 dari nilai pulsa (harga pulsa Rp50.000 adalah Rp52.000, harga pulsa Rp100.000 adalah Rp102.000)
5.   Biaya melakukan transfer dana ke rekening PonselPay UserPersonal = Gratis
6.   Biaya melakukan transfer dana ke rekening PonselPay Partner = Rp.500
7.   Biaya melakukan transfer dana ke rekening bank lain = Rp7.500 (Jika ke bank BTN = Rp1.000)
8.   Biaya rekening tidak aktif = Rp50.000 per bulan (setelah 180 hari tidak aktif). Ada tambahan Rp50.000 untuk tahun berikutnya
9.   Biaya penghentian layanan = Gratis (untuk transfer sisa saldo ke rekening PonselPay lain) dan Rp7.500 (untuk transfer sisa saldo ke rekening bank lain).
     

Anda bisa mendaftar untuk menikmati layanan PonselPay Personal dengan mengikuti langkah berikut ini:
1.   Mengirimkan SMS registrasi ke 5757
 
a.   Format SMS registrasi adalah sebagai berikut: DAFTAR <6 Digit PIN pilihan>#<Nama>#<Tanggal Lahir hhbbtttt>
b.   Contoh SMS registrasi: DAFTAR 567890#Budi Priyatno#09071980
2.   Setelah Anda mendapatkan SMS konfirmasi registrasi balasan, Anda sudah bisa menggunakan layanan PonselPay Reguler
3.   Untuk bisa menikmati layanan lengkap PonselPay Plus, Anda harus mendaftarkan diri ke Agen PonselPay terdekat
4.   Untuk anda yang tidak tinggal di Jakarta, anda bisa menghubungi kami untuk mengetahui Agen PonselPay terdekat di area tempat tinggal anda
5.   Ketika mendaftarkan diri kepada Agen PonselPay, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran rekening PonsePay Plus
6.   Kemudian Anda juga harus memberikan fotokopi kartu identitas Anda dan membayarkan biaya pendaftaran kepada Agen PonselPay
7.   Setelah Anda selesai mengisi formulir pendaftaran, Agen PonselPay akan melakukan upgrade dari PonselPay Reguler menjadi Plus melalui akses web Partner.
8.   Formulir pendaftaran harus dikirim selambat-lambatnya 14 hari kerja ke Kantor PonselPay Network setelah di tandatangani oleh pengguna PonselPay
     

I.   SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN PONSELPAY
   
1. PonselPay adalah suatu layanan (“Layanan”) bagi pelanggan telepon selular (“Pelanggan”) untuk melakukan pembayaran melalui Ponsel yang diselenggarakan oleh PT. PonselPay Network (“Penyelenggara”) yang diatur oleh regulasi Bank Indonesia sebagai uang elektronik; bukan merupakan simpanan bank dan tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS);
2. Pengguna (“Pengguna”) PonselPay adalah perorangan yang telah terdaftar di Layanan PonselPay. Rekening (“Rekening”) PonselPay adalah rekening penampung dana Pengguna dengan nomor Rekening menggunakan nomor Ponsel Pelanggan yang digunakan untuk registrasi di Layanan;
3. Transaksi (“Transaksi”) adalah kegiatan pemindahan dana menggunakan rekening PonselPay Pengguna;
4. Know Your Customer (KYC) adalah proses pengenalan Pengguna yang dilakukan secara tatap muka dengan Pengguna dan mencatat data yang bersangkutan;
Pengguna harus memahami dan selalu setuju dengan Syarat dan Ketentuan Layanan ("S&K") yang berlaku dan tertera di situs www.PonselPay.com, yang sewaktu penulisan ini berisi:
   
II.   MENDAFTAR DAN MENGGUNAKAN LAYANAN
   
1. Pendaftaran dan penggunaan Layanan dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon selular (Ponsel) Pengguna dan nomor Ponsel yang digunakan akan menjadi nomor Rekening PonselPay Pengguna
2. Pendaftaran Pengguna dibawah 17 tahun harus dilakukan dengan izin Orang Tua/Wali dan yang dibawah 12 tahun harus meminta Orang Tua/Wali untuk melakukan pendaftaran. Layanan tidak tersedia untuk anak-anak dibawah 6 tahun;
3. Layanan PonselPay terhubung langsung ke kartu SIM/RUIM ponsel Pengguna. Jika Pengguna kehilangan atau tidak memiliki akses ke nomor telepon tersebut, Pengguna harus segera mengurus penggantian kartu SIM/RUIM dengan Telco yang bersangkutan;
4. Jika Pengguna tidak melakukan minimal satu (1) perintah Layanan (informasi, administrasi atau transaksi) dalam waktu 180 hari berturut-turut maka Layanan PonselPay akan menjadi non-aktif dengan sendirinya;
5. Dana di Layanan yang sudah non-aktif dapat dikembalikan melalui rekening di bank umum setelah menjalani proses verifikasi data dan kelengkapan bukti dan akan dikenakan biaya administrasi sesuai dengan yang tercantum di www.PonselPay.com.
6. Pengguna wajib memantau S&K dan informasi Layanan terkini yang dapat juga dibaca di www.PonselPay.com Jika Pengguna tidak mau terikat dengan S&K yang terkini, Pengguna wajib untuk segera berhenti menggunakan Layanan melalui proses UnReg dan pengembalian dana tersisa.
7. Fitur-fitur PonselPay akan terus mengalami penyempurnaan dan penambahan. Daftar fitur Layanan terkini dapat di lihat di www.PonselPay.com.
   
III.   KEABSAHAN DATA DAN PERINTAH TRANSAKSI
   
1. Segala perintah yang telah di instruksikan kepada Penyelenggara tidak dapat dibatalkan;
2. Penyelenggara tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan pengirim, dan oleh karena itu Instruksi tersebut sah mengikat Pengguna dengan sebagaimana mestinya;
3. Penggunaan PIN dan/atau nomor Registrasi mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Pengguna;
4. Setiap perintah/instruksi Layanan ("Instruksi") dari Pengguna yang tersimpan pada pusat data Layanan merupakan data yang benar dan merupakan bukti perintah/instruksi dari Pengguna kepada Penyelenggara untuk melakukan transaksi yang dimaksud;
5. Pengguna mengakui semua komunikasi dan Instruksi dari Pengguna yang diterima Penyelenggara akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani;
6. Pengguna menyetujui keabsahan, kebenaran, atau keaslian isi komunikasi yang ditransmisi secara elektronik antara Pengguna dan Penyelenggara, termasuk dokumen dalam bentuk catatan komputer atau arsip/bukti transaksi di tape/cartridge, print out computer, salinan atau bentuk penyimpanan informasi yang lain yang digunakan Penyelenggara;
7. Apabila terdapat perbedaan antara informasi yang diterima Pengguna dengan data yang terdapat pada Penyelenggara, maka Pengguna menyetujui bahwa data yang berlaku adalah data yang terdapat pada Penyelenggara;
8. Penyelenggara berhak menagih dan/atau memotong dikemudian hari jika Pengguna melaksanakan transaksi yang melebihi saldo yang ada;
9. Pengguna menyetujui bahwa data Pengguna akan dapat diberikan oleh Penyelenggara kepada pihak lain selama hal tersebut ada dalam rangka perintah resmi dari pihak berwenang atau untuk meningkatkan mutu Layanan;
   
IV.   TANGGUNG JAWAB PENGGUNA
   
1. Pengguna bertanggung jawab untuk kebenaran data pribadi dan segera melakukan pengkinian data untuk segala perubahan. Segala kerugian atau masalah yang timbul akibat tidak kebenaran, kesalahan dan/atau tidak dilakukannya pengkinian data oleh Pengguna menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya;
2. Pengguna bertanggung jawab atas kerahasiaan nomor PIN dan menyimpan Nomor Registrasi di tempat yang aman. Kerahasiaan PIN dan Nomor Registrasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk:
a. Segera menghapus pesan SMS di Kotak Masuk, Arsip dan Keluar yang mengandung sebagian atau keseluruhan dari nomor PIN/Nomor Registrasi;
b. Tidak menulis atau menyimpan PIN dan Nomor Registrasi di tempat/sarana yang memungkinkan untuk diketahui orang lain;
c. Tidak mememberitahukan PIN dan Nomor Registrasi kepada orang lain;
d. Berhati-hati dalam menggunakan PIN dan Nomor Registrasi, agar tidak terlihat oleh orang lain;
e. PIN dan Nomor Registrasi tidak bisa dibaca/akses oleh peminjam Ponsel

3. Pengguna membebaskan Penyelenggara, rekanan Penyelenggara, seperti Bank dan Telco, dari segala tuntutan yang timbul, baik dari pihak lain maupun Pengguna sendiri
   
V.   BIAYA-BIAYA LAYANAN
    Pengguna akan dikenakan biaya Layanan oleh Penyelenggara, Telco dan di sebagian kasus dari pihak ketiga. Kecuali sudah disebut sebelumnya, semua biaya yang tertera adalah sebelum pajak. Perincian biaya-biaya terkini dapat dilihat di situs www.ponselpay.com.
   
VI.   BANTUAN MENGGUNAKAN LAYANAN
   
Pengguna dapat memperoleh berbagai informasi dan bantuan Layanan melalui:
1. Buku panduan PonselPay;
2. Situs www.PonselPay.com
3. Melalui aplikasi klik Administrasi lalu Bantuan di aplikasi PonselPay untuk FAQ
4. Melalui SMS Ketik "BANTU" atau "?" kirim ke 5757
5. Interaktif menghubungi PonselPay Call Customer Care (021) 8661-5757 (biaya menelpon ditanggung penelpon)