Rekening Bisnis adalah layanan rekening virtual bagi koperasi, Institusi keuangan mikro, dan perusahaan lain, yang bisa Anda gunakan bersama dengan rekening bank Anda untuk meningkatkan efisiensi transaksi perusahaan.

FITUR & LAYANAN :
Rekening Bisnis adalah layanan rekening virtual bagi koperasi, institusi keuangan mikro, dan perusahaan lain, yang bisa Anda gunakan bersama dengan rekening bank Anda untuk meningkatkan efisiensi transaksi perusahaan. Layanan ini bisa diakses di alamat www.PonselPay.net. Berikut adalah fitur dan layanan Rekening Bisnis:
1.   Saldo Rekening Bisnis maksimal: Rp 25.000.000 (Micro Enterprise), Rp 1.000.000.000 (Koperasi), Rp 2.500.000.000 (Perusahaan)
2.   Limit transaksi Harian: Rp 25.000.000 (Micro Enterprise), Rp 500.000.000 (Perusahaan)
3.   Limit transaksi Bulanan: Rp 1.000.000.000 (Koperasi)
4.   Cek mutasi 3 bulan transaksi terakhir
5.   Cek nomor referensi transaksi
6.   Menerima transfer dari sesama Rekening Bisnis, Pengguna Ponselpay lainnya dan dari rekening Bank lain
7.   Transfer dana ke sesama Rekening Bisnis dan Pengguna PonselPay.
8.   Transfer dana ke rekening Bank milik Rekening Bisnis (maksimal 3 rekening, didaftarkan pada saat Rekening Bisnis registrasi pertama kali)
9.   Isi pulsa semua operator HP
10.   Melakukan upgrade status pengguna lain dari Ponselpay Regular menjadi PonselPay Plus.
     

1.   Apa itu PonselPay?
    PonselPay adalah sebuah platform pembayaran yang memungkinkan penggunanya melakukan transaksi perbankan tanpa harus memiliki rekening bank. Layanan ini sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia dengan nomor 16/151/DKSP/57 pada tahun 2014. Secara umum, layanan PonselPay terbagi menjadi dua: layanan PonselPay berbasis APPS dengan menggunakan rekening PonselPay, yang bisa digunakan oleh semua orang melalui telepon genggam mereka dan layanan PonselPay berbasis Web Rekening Bisnis dengan menggunakan Rekening Bisnis, yang bisa diakses melalui komputer ataupun melalui telepon genggam yang sudah memiliki aplikasi internet browser.
2.   Apa itu Rekening Bisnis?
    Rekening Bisnis adalah sebuah platform yang dapat digunakan oleh 3 (tiga) jenis Rekening Bisnis yaitu Perusahaan (Corporation), Koperasi (Cooperatives), dan Warung (Micro Enterprise) untuk mengakses semua layanan Web Rekening Bisnis, termasuk juga untuk melakukan transaksi finansial seperti saling transfer dari dan ke rekening PonselPay, serta transaksi lainnya.
3.   Siapa yang dapat menggunakan Rekening Bisnis?
    Pihak-pihak yang sudah didaftarkan oleh PT. PonselPay Network dan sudah mendapatkan masing – masing username dan password sesuai 3 (tiga) level akses yang didaftarkan yaitu Creator, Validator, Approver.
4.   Apakah aman bertransaksi melalui Web Rekening Bisnis?
    Ya. Seluruh transaksi finansial yang dilakukan melalui Web Rekening Bisnis dilengkapi dengan beberapa lapis sistem keamanan:
Fasilitas keamanan standar internasional dengan enkripsi SSL 128 bit diterapkan di setiap data transaksi.
Firewall dipasang di semua lini akses data, mulai dari ISP, web-server, data-server, sampai kepada host.
Proses registrasi Rekening Bisnis tidak bisa dilakukan online. Proses registrasi harus diselesaikan di kantor PT. PonselPay Network setelah adanya persetujuan Perjanjian Kerjasama antara kedua belah pihak untuk melakukan konfirmasi identitas pendaftar, izin usaha, dan hal lain yang diperlukan.
Setiap kali Pengguna ingin menggunakan layanan di Web Rekening Bisnis, Pengguna harus memasukkan nomor Rekening Bisnis yang sudah didaftarkan, nama Pengguna yaitu alamat email Pengguna, kata sandi yang unik yang didapatkan ketika Pengguna melakukan pendaftaran awal.
Terdapat beberapa level akses Pengguna yang dapat diterapkan. Satu orang Pengguna yang mempunyai level Creator tidak bisa melaksanakan transaksi sendirian dan hanya input transaksi. Semua transaksi harus diketahui oleh Validator dan disetujui oleh Approver sebelum transaksi tersebut dilaksanakan.
Token autorisasi yang dikirimkan kepada Approver pada setiap kali sebuah transaksi berada dalam proses verifikasi setelah Validator melakukan validasi.
Auto logout (session-expired) bila seorang Pengguna tidak melakukan kegiatan apapun di Web Rekening Bisnis selama suatu waktu tertentu. Menghindari penyalahgunaan akun Pengguna ketika Pengguna lupa melakukan logout.
Batasan jumlah transaksi yang bisa dilakukan dalam suatu waktu untuk menghindari penggunaan yang di luar rencana.
Pencatatan daftar aktivitas dan daftar transaksi melalui Web Rekening Bisnis disimpan di dalam server (dalam jumlah yang terbatas), dapat diperiksa di masa mendatang.
   
5.   Apakah aman menggunakan Web Rekening Bisnis di warung internet (warnet) atau tempat dengan akses internet publik lainnya?
    Walaupun kami sudah menerapkan beberapa lapis pengamanan (yang kami sudah jabarkan di atas) untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan Anda, kami tetap dengan tegas menyarankan agar Anda TIDAK menggunakan Web Rekening Bisnis, terutama untuk kegiatan transaksi finansial, di warung internet (warnet) atau tempat dengan akses internet publik lainnya. Sebuah komputer dalam suatu warnet atau komputer dengan akses internet publik biasanya sudah pernah, dan akan digunakan oleh banyak orang, termasuk pihak-pihak yang mungkin memiliki niat tidak baik. Oknum tersebut bisa saja meletakkan sebuah program atau virus di dalam komputer publik, yang bisa merekam data-data pribadi yang Anda ketikkan selama menggunakan komputer tersebut, termasuk username, password, atau data-data penting lainnya. Data tersebut bisa mereka gunakan untuk menguras Rekening Bisnis atau untuk hal-hal buruk lainnya. Penggunaan Web Rekening Bisnis di komputer publik juga bisa menarik perhatian orang untuk mengintip daftar transaksi yang Anda lakukan, yang pada akhirnya bisa berujung pada hal-hal buruk yang pastinya tidak kita inginkan.
6.   Apa saja yang bisa saya lakukan untuk bisa meningkatkan keamanan dalam menggunakan Web Rekening Bisnis?
   
Jangan pernah memberitahukan username dan password Anda kepada orang lain.
Pilih password yang mudah Anda ingat, tapi sulit ditebak oleh orang lain.
Jangan pernah aktifkan fitur automatic-save atau pengingat otomatis yang biasanya ditawarkan oleh web browser seperti Firefox atau Chrome setiap kali Anda mengetikkan username dan password.
Pastikan Anda mengakses alamat Web Rekening Bisnis yang benar, yaitu https://rekeningbisnis.ponselpay.net/rekening-bisnis. Terkadang ada pihak-pihak yang berniat buruk yang berusaha memanfaatkan ketidaktahuan pengguna dengan menyiapkan alamat yang mirip dengan alamat tersebut untuk menyesatkan pengguna dan membuat pengguna memasukkan data-data penting di alamat website yang salah, misalnya www.PonselPay.co.id, atau www.PonselPay.web.id, atau alamat lainnya serupa. Anda bisa menyimpan alamat Web Rekening Bisnis yang benar dalam menu bookmark atau menu favorit browser Anda, sehingga di masa mendatang Anda tidak perlu lagi mengetikkannya.
Setiap kali Anda akan melakukan transfer dana, selalu lakukan pengecekan nomor rekening PonselPay tujuan Anda, setidaknya dua kali.
Setelah selesai melakukan aktivitas di Web Rekening Bisnis, jangan pernah lupa untuk logout, kemudian hapus history & cache dari browser Anda.
Selalu periksa saldo rekening PonselPay dan history transaksi Anda dengan teratur, agar bisa menemukan keanehan dengan segera.
Pasang program antivirus dan program internet-security yang terpercaya dalam semua alat yang Anda pakai untuk mengakses Web Rekening Bisnis, seperti komputer desktop, laptop, ataupun smartphone.
Untuk mengakses Web Rekening Bisnis, pastikan Anda hanya menggunakan komputer atau mobile phone yang Anda biasa gunakan sendiri (usahakan jangan berbagi penggunaan dengan orang lain) dengan koneksi yang juga keamannya terjamin (hindari mengakses Web Rekening Bisnis menggunakan koneksi publik seperti WiFi di tempat umum). Pastikan juga Anda memasang program antivirus dan program internet-security yang terpercaya dalam semua alat tersebut.
Waspadalah terhadap pihak-pihak yang mengaku sebagai petugas dari PT. PonselPay Network dan meminta data-data pribadi Anda, termasuk username dan password atau data penting lainnya. Petugas PT. PonselPay Network TIDAK AKAN PERNAH meminta informasi itu dari Anda.
Segera hubungi kami ketika Anda merasa ada sesuatu yang tidak semestinya, atau bila ada transaksi yang mencurigakan yang tampak dalam history transaksi Anda.
   
7.   Kapan saya bisa mengakses dan bertransaksi melalui Web Rekening Bisnis?
    24 jam dalam 1 hari, 7 hari dalam 1 minggu.
8.   Apakah saya terlebih dahulu harus mendaftar untuk bisa menggunakan semua fitur di dalam Web Rekening Bisnis?
    Ya. Pengguna yang belum terdaftar hanya dapat mengakses konten website yang bersifat informasional dan tidak bisa melakukan transaksi finansial ataupun kegiatan lain yang berhubungan dengan Rekening Bisnis tersebut.
9.   Apa saja langkah yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri saya?
   
Mendatangi kantor pusat PT. Ponsel Pay Network yang beralamat di Graha Inti Lt. 7, Jalan Raya Kalimalang Kav 87, Duren Sawit, Pondok Bambu, Jakarta Timur 13430.
Mendapatkan dan mengisi form registrasi Rekening Bisnis, termasuk daftar pengguna Creator, Validator, Approver yang ingin didaftarkan dan diberikan akses menggunakan Web Rekening Bisnis.
Menyerahkan dokumen yang dibutuhkan (SIUP, NPWP, fotokopi identitas penanggung jawab, fotokopi rekening koran institusi selama tiga bulan terakhir).
Menunggu persetujuan dari Komite PT. Ponsel Pay Network
Apabila pendaftaran disetujui oleh Komite PT. Ponsel Pay Network, Anda akan diminta untuk mendiskusikan dan menandatangani perjanjian kerja sama dan NDA
   
10.   Aktivitas apa saja yang bisa saya lakukan di Web Rekening Bisnis?
    - Menu Informasi Rekening Bisnis
a. Memeriksa nomor referensi transaksi
b. Melihat mutasi rekening
c. Melihat transaksi terakhir
   
- Menu Transaksi
a. Kirim uang ke rekening PonselPay (Single Transfer)
b. Kirim uang ke beberapa rekening PonselPay (Batch Transfer)
c. Kirim uang ke rekening bank milik Rekening Bisnis maximum 3 (tiga) rekening bank yang didaftarkan melalui sistem real time dan SKN/RTGS.
d. Mengisi pulsa telepon
   
- Menu Administrasi
a. Meningkatkan status pengguna PonselPay Reguler menjadi PonselPay Plus (Single)
b. Melihat daftar pengguna dan level aksesnya masing-masing.
c. Mengubah password
d. Mengganti bahasa Indonesia dan Inggris
   
- Menu Bantuan
a. Melihat pertanyaan yang sering ditanyakan, serta jawabannya (FAQs)
b. Panduan untuk menggunakan Website Rekening Bisnis PonselPay
c. Cara menghubungi petugas PonselPay.
   

11.   Apakah akan ada biaya yang dikenakan kepada saya setiap kali saya melakukan aktivitas di Web Rekening Bisnis?
    Ya, ada. berikut ini adalah rincian biaya yang akan dikenakan kepada pengguna Web Rekening Bisnis:
Biaya Registrasi: Sesuai dengan kesepakatan pada Perjanjian Kerja Sama.
Biaya menggunakan seluruh layanan yang ada dalam Menu Informasi dan Menu Administrasi: Rp 250,000 per bulan (untuk jenis Rekening Bisnis Perusahaan/Corporation dan Koperasi/Cooperatives) dan Rp 25,000 untuk jenis Rekening Bisnis Warung/Micro Enterprise.
Kirim uang ke rekening PonselPay (Single Transfer): Rp 500 per transaksi.
Kirim uang ke rekening PonselPay (Batch Transfer): Rp 500 per transaksi.
Kirim uang ke rekening bank milik Rekening Bisnis: Rp 7,500 per transaksi.
Mengisi pulsa telepon: Rp 2,000. Rp52,000 untuk pulsa senilai Rp50,000 ; Rp102,000 untuk pulsa senilai Rp100,000.
Biaya ketika menerima pengiriman uang dari rekening PonselPay ataupun dari rekening Bank lain: Sesuai dengan kesepakatan pada Perjanjian Kerja Sama.
Biaya penghentian layanan: Sesuai dengan kesepakatan pada Perjanjian Kerja Sama.
   
12.   Apakah saya akan mendapat bukti transaksi setiap kali saya melakukan aktivitas transaksi finansial di Web Rekening Bisnis?
    Ya. Setiap kali suatu aktivitas selesai dilaksanakan, sistem akan menghasilkan nomor referensi transaksi yang unik, yang secara hukum bersifat legal untuk menjadi bukti transaksi.
13.   Apa yang harus saya lakukan apabila komputer saya secara tidak sengaja mati, atau koneksi internet saya terputus, saat saya sedang dalam proses melakukan aktivitas transaksi finansial?
    Dengan adanya beberapa level akses untuk membuat suatu transaksi, kejadian komputer mati secara tidak sengaja ataupun koneksi internet terputus tidak akan berpengaruh terhadap transaksi yang sudah dibuat. Pengguna hanya perlu memeriksa Tabel Log Transaksi. Apabila matinya komputer terjadi sebelum pengguna membuat/memvalidasi/menyetujui suatu transaksi, berarti transaksi tersebut tidak akan tercatat dalam Tabel Log Transaksi dan harus diulang. Apabila terjadi setelah transaksi sudah dibuat/divalidasi/disetujui, berarti transaksi tersebut akan ditampilkan di dalam Tabel Log Transaksi.
     

TARIF LAYANAN :
Sebagian tarif layanan Rekening Bisnis akan ditentukan saat penyusunan perjanjian kerja sama.
1.   Biaya Registrasi awal: ditetapkan saat perjanjian
2.   Biaya Informasi Rekening (Cek saldo, cek mutasi, cek nomor referensi): ditetapkan saat perjanjian
3.   Menerima transfer rekening PonselPay dari pengguna Ponselpay Plus: ditetapkan saat perjanjian
4.   Menerima transfer rekening PonselPay dari rekening bank lain: ditetapkan saat perjanjian
5.   Isi pulsa semua operator HP: Rp2.000 (Harga pulsa Rp50.000 = Rp52.000, harga pulsa Rp100.000 = Rp102.000)
6.   Transfer dana ke rekening PonselPay User Personal (single dan batch): Saat ini gratis (mulai tahun 2017: Rp500)
7.   Transfer dana ke Rekening Bisnis (single dan batch): Rp5.000
    Transfer dana ke rekening bank milik Rekening Bisnis: Rp7.500;
    Melakukan upgrade status pengguna lain dari Ponselpay Reguler menjadi PonselPay Plus: Gratis
    Biaya rekening non-aktif: Gratis
    Biaya penghentian layanan: ditetapkan saat perjanjian.
     
     
     

CARA REGISTRASI :
Anda bisa mendaftar untuk menikmati layanan Rekening Bisnis dengan mengikuti langkah berikut ini:
1.   Melakukan pendaftaran diri melalui telepon atau datang ke kantor PonselPay
2.   Mendapatkan formulir pendaftaran Rekening Bisnis
3.   Melengkapi formulir pendaftaran dan dokumen pendamping (SIUP, NPWP, KTP Penanggung Jawab, Fotocopy rekening koran bank institusi selama 3 bulan terakhir)
4.   Mengirimkan kembali formulir pendaftaran ke PonselPay
5.   Menunggu konfirmasi persetujuan pendaftaran dari Komite PonselPay
6.   Setelah disetujui, menyusun perjanjian kerja sama bersama dengan Komite PonselPay;
7.   Mendapatkan akses untuk menggunakan layanan Rekening Bisnis.
     

SYARAT DAN KETENTUAN BAGI REKENING BISNIS

PonselPay adalah suatu layanan ("Layanan") yang diselenggarakan oleh PT. Ponsel Pay Network ("Penyelenggara") bagi pelanggan telepon selular ("Pelanggan") untuk melakukan aktivitas pembayaran melalui Ponsel. Selain melakukan kerja sama dengan para penyedia jaringan telepon selular ("Telco"), Penyelenggara juga bekerja sama dengan Rekening Bisnis PonselPay ("Rekening Bisnis") yang menjadi perpanjangan tangan Penyelenggara untuk memasarkan Layanan PonselPay kepada pengguna layanan ("Pengguna"). Rekening Bisnis PonselPay bisa jadi adalah institusi badan usaha atau bisa juga berupa Koperasi dan Lembaga Kredit Mikro (LKM). Berbeda dengan Pengguna yang mengakses Layanan PonselPay melalui ponsel, Rekening Bisnis mengakses Layanan PonselPay melalui website www.PonselPay.net ("Web Rekening Bisnis"). Rekening Bisnis harus tunduk pada hukum dan peraturan perundangan dalam wilayah Republik Indonesia dan memahami bahwa peraturan pemerintah dapat berubah sewaktu-waktu dan setuju menerima dampak dan konsekuensinya. PonselPay adalah Layanan yang diatur oleh regulasi Bank Indonesia sebagai uang elektronik; bukan merupakan simpanan bank dan tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Rekening Bisnis harus memahami dan selalu setuju dengan Syarat dan Ketentuan Layanan ("S&K") yang berlaku dan tertera di situs www.PonselPay.com untuk mendaftar dan menggunakan Layanan, yang sewaktu penulisan ini berisi:


I.   MENDAFTAR DAN MENGGUNAKAN LAYANAN
   
1. Layanan PonselPay tersedia untuk Rekening Bisnis yang sudah mendaftarkan diri dan diberikan akses ke Web Rekening Bisnis.
2. Registrasi Rekening Bisnis dimulai dengan mendaftarkan diri melalui telepon atau langsung datang ke kantor Penyelenggara untuk mendapatkan formulir pendaftaran Rekening Bisnis. Rekening Bisnis harus mengisi formulir tersebut, menyertakan fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Rekening Bisnis, fotokopi rekening koran Bank Rekening Bisnis selama 3 (tiga) bulan terakhir, dan fotokopi identitas penanggung jawab institusi Rekening Bisnis.
3. Semua dokumen pendaftaran harus dikirimkan kepada Penyelenggara untuk diperiksa dan diverifikasi oleh Komite.
4. Apabila disetujui, pihak Komite bersama-sama dengan Rekening Bisnis akan menyusun Perjanjian Kerjasama.
5. Setelah menyepakati Perjanjian Kerjasama, maka Penyelenggara akan membuat akun Web Rekening Bisnis baru yang dapat digunakan oleh Rekening Bisnis untuk mengakses Web Rekening Bisnis.
6. Jenis dan batas transaksi Layanan yang tersedia bagi Rekening Bisnis akan tergantung dari Perjanjian Kerjasama yang dibuat.
7. Rekening Bisnis akan diberikan empat macam level akses Web Rekening Bisnis yaitu Creator, Creator +, Validator, dan Eksekutor. Penjelasan terhadap fungsi masing-masing level akses ini dapat dilihat di website www.PonselPay.com.
8. Pada setiap transaksi pembayaran, semua level akses di atas akan diminta untuk melakukan verifikasi data secara berlapis. Executor juga harus memasukkan kode token, yang dikirim kepada nomor ponsel yang didaftarkan di awal, untuk bisa melaksanakan suatu transaksi.
9. Transaksi yang berhasil akan menghasilkan nomor referensi transaksi ("REF No"). Nomor referensi tersebut dapat digunakan sebagai bukti yang dapat diverifikasi langsung melalui situs www.PonselPay.com, www.PonselPay.net, atau dengan mengirim pesan SMS ke kode akses Layanan.
10. Fitur-fitur PonselPay akan terus mengalami penyempurnaan dan penambahan. Daftar fitur Layanan terkini dapat di lihat di www.PonselPay.com.
   
II.   KEABSAHAN DATA DAN PERINTAH TRANSAKSI
   
1. Penyelenggara menerima dan menjalankan setiap perintah atau permintaan yang dimasukkan Rekening Bisnis melalui Web Rekening Bisnis ("Instruksi").
2. Segala Instruksi dari Rekening Bisnis yang telah diberikan kepada Penyelenggara tidak dapat dibatalkan.
3. Penyelenggara tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan pengirim, dan oleh karena itu setiap Instruksi bersifat sah mengikat Rekening Bisnis dengan sebagaimana mestinya.
4. Penyelenggara tidak akan melaksanakan Instruksi Rekening Bisnis jika Rekening Bisnis tidak lagi memiliki akses ke Web Rekening Bisnis, atau jika Rekening Bisnis memasukkan kode token konfirmasi yang salah untuk verifikasi transaksi, atau jika Rekening Bisnis tidak memiliki akses Internet untuk mengakses Web Rekening Bisnis.
5. Rekening Bisnis akan mendapatkan pesan konfirmasi dan/atau informasi transaksi, kecuali jika ada gangguan pada layanan/jaringan Internet.
6. Setiap Instruksi, beserta kode token konfirmasi yang dihasilkan dari setiap Instruksi, mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Rekening Bisnis.
7. Setiap Instruksi yang tersimpan pada pusat data Layanan merupakan data yang benar dan merupakan bukti perintah atau permintaan dari Rekening Bisnis kepada Penyelenggara untuk melakukan transaksi yang dimaksud.
8. Rekening Bisnis mengakui semua komunikasi dan Instruksi dari Rekening Bisnis yang diterima Penyelenggara akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tanpa disertai dengan dokumen tertulis atau tanpa disertai dokumen yang ditandatangani Rekening Bisnis.
9. Rekening Bisnis menyetujui keabsahan, kebenaran, atau keaslian isi komunikasi yang ditransmisi secara elektronik antara Rekening Bisnis dan Penyelenggara, termasuk dokumen dalam bentuk catatan komputer atau arsip/bukti transaksi di tape/cartridge, print out computer, salinan, atau bentuk penyimpanan informasi yang lain yang terdapat pada Penyelenggara.
10. Apabila terdapat perbedaan antara informasi yang diterima Rekening Bisnis dengan data yang terdapat pada Penyelenggara, maka Rekening Bisnis menyetujui bahwa data yang berlaku adalah data yang terdapat pada Penyelenggara.
11. Penyelenggara berhak menagih dan/atau memotong dikemudian hari jika Rekening Bisnis melaksanakan transaksi yang melebihi saldo yang ada.
12. Rekening Bisnis menyetujui bahwa data Rekening Bisnis akan dapat diberikan oleh Penyelenggara kepada pihak lain selama hal tersebut ada dalam rangka perintah resmi dari pihak berwenang atau untuk meningkatkan mutu Layanan.
   
III.   TANGGUNG JAWAB PENGGUNA
   
1. Karena penggunaan Layanan PonselPay berhubungan dengan dana dan data Rekening Bisnis serta Pengguna, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Rekening Bisnis harus memberikan data pendaftaran secara benar dan lengkap.
2. Informasi mengenai username, password, dan kode token verifikasi hanya boleh digunakan oleh Rekening Bisnis yang bersangkutan.
3. Kerahasiaan informasi mengenai username, password, dan kode token verifikasi merupakan tanggung jawab Rekening Bisnis. Rekening Bisnis membebaskan Penyelenggara, Bank rekanan Penyelenggara dan pihak Telco dari segala tuntutan yang timbul, baik dari pihak lain maupun Rekening Bisnis sendiri. Kerahasiaan informasi mengenai username, password, dan kode token verifikasi dapat dijaga dengan berbagai cara, termasuk:
a. Segera menghapus pesan SMS di Kotak Masuk, Arsip dan Keluar yang mengandung sebagian atau keseluruhan dari informasi mengenai username, password, dan kode token verifikasi;
b. Tidak menulis atau menyimpan informasi mengenai username, password, dan kode token verifikasi di tempat/sarana yang memungkinkan untuk diketahui orang lain;
c. Tidak memberitahukan informasi mengenai username, password, dan kode token verifikasi kepada orang lain;
d. Berhati-hati dalam menggunakan informasi mengenai username, password, dan kode token verifikasi agar tidak terlihat oleh orang lain;
e. Menjaga agar informasi mengenai username, password, dan kode token verifikasi tidak bisa dibaca/akses oleh peminjam Ponsel atau komputer yang dipakai untuk mengakses Web Rekening Bisnis.
f. Tidak menggunakan fitur pengingat username dan password yang biasanya ditawarkan secara otomatis oleh browser.

4. Setiap kali ada Pengguna yang mendatangi Rekening Bisnis untuk melakukan peningkatan status Layanan, Rekening Bisnis memberikan formulir pendaftaran PonselPay Plus kepada Pengguna tersebut dan meminta fotokopi identitas Pengguna yang masih berlaku. Setelah formulir tersebut diisi, Rekening Bisnis wajib melakukan verifikasi data dengan membandingkan data yang ada pada fotokopi identitas Pengguna dengan data yang diisikan pada formulir pendaftaran.
5. Rekening Bisnis juga wajib memberikan penjelasan tentang Layanan PonselPay kepada Pengguna yang ingin meningkatkan status Layanan. Setelah melakukan verifikasi data dan penjelasan tentang Layanan PonselPay, Rekening Bisnis melakukan peningkatan status Layanan Pengguna melalui Web Rekening Bisnis.
6. Segala permasalahan terkait data Pengguna yang mungkin timbul karena kelalaian Rekening Bisnis dalam melakukan verifikasi data menjadi tanggung jawab Rekening Bisnis sepenuhnya. Rekening Bisnis setuju untuk melepaskan Penyelenggara sepenuhnya dari tanggung jawab yang mungkin muncul dari kesalahan Rekening Bisnis dalam melakukan verifikasi data.
7. Rekening Bisnis berhak mengenakan biaya pendaftaran kepada Pengguna sebagai kompensasi dari biaya jasa Rekening Bisnis dan biaya pengiriman dokumen pendaftaran Pengguna ke Penyelenggara. Besar biaya pendaftaran yang dianjurkan dapat dilihat di situs www.PonselPay.com.
8. Rekening Bisnis wajib membuat salinan dari dokumen pendaftaran Pengguna dan mengarsip salinan dokumen pendaftaran tersebut dengan rapi.
9. Rekening Bisnis wajib menjaga kerahasiaan data pengguna dengan tidak membagikannya ke pihak lain. Rekening Bisnis juga wajib memusnahkan salinan dokumen pendaftaran Pengguna yang sudah berusia 3 (tiga) bulan atau lebih dihitung sejak awal peningkatan status Layanan.
10. Rekening Bisnis wajib mengirimkan seluruh dokumen pendaftaran Pengguna yang asli (bukan salinan) ke alamat kantor pusat Penyelenggara, paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah proses peningkatan status Layanan Pengguna.
11. Sebagian besar fasilitas dan Layanan Web Rekening Bisnis hanya bisa digunakan setelah Rekening Bisnis memasukkan kode token yang dikirimkan ke nomor Ponsel penanggung jawab Rekening Bisnis. Jika Rekening Bisnis kehilangan akses ke nomor Ponsel tersebut, Rekening Bisnis harus mengurus penggantian kartu SIM/RUIM dengan Telco yang bersangkutan.

12.

Rekening Bisnis wajib memantau S&K dan informasi Layanan terkini yang dapat juga dibaca di www.PonselPay.com. Jika Rekening Bisnis tidak mau terikat dengan S&K yang terkini, Rekening Bisnis wajib untuk segera berhenti menggunakan Layanan melalui proses UnReg dan pengembalian dana tersisa.
   
IV.   BIAYA-BIAYA LAYANAN
    Rekening Bisnis akan dikenakan biaya Layanan oleh Penyelenggara, dan di sebagian kasus, oleh pihak ketiga. Kecuali sudah disebut sebelumnya, semua biaya yang tertera adalah sebelum pajak.
    1. Rekening Aktif
   
  Biaya dari Provider Internet:
Untuk setiap penggunaan Layanan, gagal atau berhasil, pihak Provider Internet akan mengenakan biaya dengan cara mengurangi pulsa atau kuota untuk Rekening Bisnis pengguna layanan pra-bayar, atau menambah besar tagihan penggunaan layanan Internet untuk Rekening Bisnis pengguna layanan pasca-bayar.

  Biaya dari Penyelenggara:
a. Penyelenggara tidak mengenakan biaya Layanan untuk:
Peningkatan status Layanan Pengguna lain;
Pengkinian dan koreksi data;
Penerimaan dana dari Pengguna PonselPay lain;
Perintah/Instruksi Layanan yang gagal atau tidak dapat diselesaikan/dilaksanakan;

b. Untuk beberapa jenis Layanan, Penyelenggara akan memotong biaya dari saldo Rekening Bisnis berdasarkan tarif Layanan yang berlaku (dapat dilihat pada situs www.PonselPay.com): :
Setiap tanggal 1 setiap bulannya, Saldo Rekening Bisnis akan dibebankan dengan satu (1) kali biaya Layanan Informasi. Pada bulan tersebut Rekening Bisnis dapat menggunakan layanan informasi rekening tanpa batas dan tanpa terkena biaya lagi;
Transaksi pembayaran single/satuan ke PonselPay Reguler, PonselPay Plus, PonselPay Agen, dan Rekening Bisnis;
Pembelian pulsa ponsel;
Pembayaran ke rekening Bank dikenakan biaya dari Penyelenggara dan ditambah biaya dari pihak ketiga (jika ada).

c. Untuk beberapa jenis Layanan, Penyelenggara akan memotong biaya dari saldo Rekening Bisnis berdasarkan tarif yang disepakati dalam penyusunan Perjanjian Kerjasama:
Registrasi dan pemberhentian Layanan (UnReg);
Transaksi pembayaran batch ke PonselPay Reguler, PonselPay Plus, PonselPay Agen, dan Rekening Bisnis;
Penerimaan dana dari Pengguna PonselPay lain;
Penerimaan/Pemasukan dana dari rekening bank (Pengirim/pengisi dana mungkin akan dikenakan biaya dari pihak ketiga/bank pengirim);

   
V.   BANTUAN MENGGUNAKAN LAYANAN
    Agen dapat memperoleh berbagai informasi dan bantuan Layanan melalui buku panduan PonselPay, dari tempat pendaftaran Layanan, melalui situs www.PonselPay.com. Jika diperlukan Rekening Bisnis juga dapat menggunakan bantuan suara interaktif PonselPay dengan menelpon (021) 8661-5757 (ongkos menelpon ditanggung pemanggil).